https://drive.google.com/open?id=1UymcUPGZnzhTi8fbP6QRG36xXvC6VjC4

 

 

 

PANDUAN MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

  1. PENGERTIAN:

Rencana pembelajaran semester (RPS) suatu mata kuliah adalah recana pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada suatu mata kuliah/modul.  Rencana pembelajaran semester (RPS) atau istilah lain wajib ditinjau dan disesuaikan secara berkala dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

  1. PRINSIP PENYUSUNAN RPS
    1. RPS adalah dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai Capaian P embelajaran Lulusan (CPL) yang ditetapkan di tingkat program studi, sehingga Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) harus dapat ditelusuri keterkaitannya dan kesesuaiannya dengan konsep  kurikulum program studi.
    2. Setiap tahapan pembelajaran yang direfleksikan ke dalam modul-modul pembelajaran dalam satu semester atau 16 minggu pembelajaran wajib ditentukan kemapuan akhir mahasiswa (KAM).  KAM pada setiap tahapan pembelajaran wajib ditentukan berdasarkan atau mengacu pada CPMK.   KAM wajib disusun oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi
    3. Rancangan dititik beratkan pada bagaimana memandu mahasiswa belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan KAM yang ditetapkan pada setiap tahapan pembelajaran, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar
    4. Pembelajaran yang dirancangan adalah pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centred learning atau SCL)
    5. Dosen bersama dengan mahasiswa dapat merencanakan strategi pembelajaran dalam usaha memenuhi KAM dan CPMK yang dibebankan pada matakuliah.

 

  1. ELEMEN RPS

Menurut Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), RPS  atau istilah lain, paling sedikit memuat :

  1. nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu;
  2. capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;
  3. kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
  4. bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
  5. metode pembelajaran;
  6. waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
  7. pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester;
  8. kriteria, indikator, dan bobot penilaian; dan
  9. daftar referensi yang digunakan.

 

 

  1. CONTOH FORMAT RPS DENGAN UNSUR GENERIC (SNDIKTI)

1.

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

STMIK WIDYA DHARMA PONTIANAK

2.

Nama Mata Kuliah

:

 

3.

Kode Mata Kuliah

:

 

4.

Semester

:

 

5.

Bobot (SKS)

:

 

6.

Dosen Pengampu

:

 

7

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan kepada

Mata Kuliah

:

 

8

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

:

 

 

 

 

9

Bahan Kajian

:

 

 

 

 

           

 

 

ACARA PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-

Kemampuan Akhir Mahasiswa (KAM) yang Diharapkan

Bahan Kajian

Strategi / Metode Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Kriteria Penilaian (Indikator) Capaian

Instrumen Penilaian

Bobot Penilaian

10

11

12

13

14

15

16

17

18

        1.         

 

 

 

 

 

 

 

 

        2.         

 

 

 

 

 

 

 

 

        3.         

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

30.

 

 

 

 

 

 

 

 

31.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. DAFTAR PUSTAKA

Cantumkan sumber pembelajaran (pustaka) yang digunakan pada setiap tahapan pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan

 

Ditelaah oleh :

Unit Penjaminan Mutu Internal

 

 

 

 

....................................................... 

NIDN:

Dosen Penanggungjawab

Mata Kuliah

 

 

 

 

.................................................

NIDN/NUP :............................

 

Mengesahkan

Ketua Program Studi Sistem Informasi,

 

 

 

.............................................................

NIDN:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. DESKRIPSI UNSUR YANG TERCANTUM DALAM RPS

No.

Unsur/Elemen

 

Deskripsi

1

Nama Program Studi

:

Ditulis sesuai dengan yang tercantum dalam izin pembukaan/ pendirian/ operasional program studi yang dikeluarkan oleh Kementerian

2

Nama Mata Kuliah

:

Ditulis nama mata kuliah sesuai dengan yang tercantum pada peta kurikulm Prodi

3

Kode Mata Kuliah

:

Ditulis kode mata kuliah sesuai dengan yang tercantum pada peta kurikulum

4

Semester

:

Ditulis pada semester berapa dari total 8 semester (S1) mata kuliah tersebut ditawarkan dan diimpementasikan.

5

Bobot (sks)

:

Ditulis dalam unit sks (satuan kredit semester). Bobot sks mencerminkan jumlah jam pembelajaran per semester atau per minggu yang terdiri dari jam tatap muka, pembelajaran mandiri, pembelajaran terstruktur dan praktikum (kalau ada) atau bentuk pembelajaran lainnya.  Jumlah jam pembelajaran per semester atau per minggu sangat tergantung pada kedalaman dan keluassan kemampuan akhir mahasiswa (KAM), bahan kajian (modul) serta strategi dan metode pembelajarannya. Pengertian 1 sks adalah proses pembelajaran selama 170 menit per minggu (dapat dalam bentuk kegiatan 50 menit tatap muka, 60 menit pembelajaran mandiri dan 60 menit pembelajaran terstruktur) atau 170 menit praktikum atau bentuk pembelajaran lainnya

6

Dosen Pengampu

:

Dapat diisi lebih dari satu orang dosen bila pembelajaran dilakukan oleh suatu tim  pengampu (teaching team), atau kelas parallel.

7

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

:

Ditulis CPL pada level program studi yang dibebankan kepada mata kuliah. 

8

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

:

Perumussan CPMK wajib merujuk pada CPL di atas agar secara inline memenuhi tujuan untuk membentuk profil lulusan program studi.  CPMK mengandung unsur sikap, pengetahuan, dan keterampilan umum serta khsusus.

9

Bahan Kajian

:

Ditulis ragam bahan kajian yang dituangkan dalam bentuk modul – modul yang diperlukan untuk mengembangkan CPMK yang diambil dari bahan kajian prodi .  Baris ini diisi untuk menjustifikasi bahwa bahan kajian mata kuliah adalah bagian dari bahan kajian prodi.

10

Minggu ke-

:

Sesuai dengan SNDIKTI bahwa waktu proses pembelajaran adalah paling sedikit 16 minggu pembelajaran dalam satu semester termasuk UTS dan UAS, sehingga proses pembelajaran dapat dibagi menjadi 16 minggu tahapan pembelajaran (satu semester).

11

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

:

Kemampuan akhir Mahasiswa (KAM) = capaian pembelajaran (CP) mahasiswa pada setiap tahapan pembelajaran.  KAM Harus secara jelas mendukung CP mata kuliah.  Dengan kata lain setiap KAM pada tahapan pembelajaran harus scara jelas merujuk CP pada level mata kuliah (course).  KAM pada setiap tahapan pembelajaran dapat terdiri dari penguasaan pengetahuan, keterampilan kusus, keterampilan umum, dan/atau sikap.

KAM pada tahapan pembelajaran harus dapat diukur dengan indikator yang jelas.  KAM pada setiap tahapan pembelajaran sangat menentukan bahan kajian dengan sub-bahan kajiannya, strategi/metode pembelajaran, indicator dan instrument penilaian

12

Bahan Kajian

:

Bahan kajian adalah modul pembelajaran dengan pokok dan sub-pokok bahasannya.  Bahan kajian disusun bertahap secara logic- vertical dalam 16 minggu pembelajaran.  Kedalaman dan keluasan bahan kajian ditentukan sesuai dengan kemampuan akhir yang diharapkan. Bahan kajian untuk seluruh tahapan pembelajaran dapat disediakan secara elektronik (e-modules) atau diunggah secara on-line sehingga dapat dengan mudah diakses oleh mahasiswa.

 

13

Strategi / Metode Pembelajaran

:

Untuk mengembangkan KAM dengan bahan kajiannya, diperlukan strategi/metode pembelajaran khusus. Strategi/metode pembelajaran dapat dalam bentuk self learning dengan menyediakan literature atau bahan pustaka utama atau tambahan, dan mahasiswa sndiri dapat mencari sumber iteratur yang relevan.  Tugas terstruktur dapat diberikan seperti literature review (tugas esay), case based learning, problem based learning, dsb.  Pembelajaran di kelas (tatap muka) dapat berupa pemaparan dosen (ceramah), diskusi kelompok, presentasi, role play, dsb.  Metode pembelajaran lainnya dapat berupa praktikum (lab work), praktik bengkel, praktik di lapang atau studio.  Dalam satu tahapan pembelajaran, dapat mengakomodasikan gabungan beberapa metode pembelajaran.  Demikian pula dalam satu mata kuliah terdiri dari ragam metode pembelajaran (multi methods).

14

Alokasi Waktu

:

Dicantumkan total waktu pada setiap tahapan pembelajaran.  Jumlah jam atau menit yang dibutuhkan dalam pembelajaran per minggu yang mencerminkan bobot sks.

Contohnya untuk 3 sks (3 x 170 menit=510 menit = 8.5 jam) dapat terdiri dari : Tatap muka 2 x 50 menit; pembelajaran mandiri 2x 60 menit; pembelajaran / tugas terstruktur 2 x 60 menit; dan praktikum 170 menit.

15

Pengalaman Belajar Mahasiswa

:

Kegiatan yang  harus dilakukan oleh mahasiswa  yang dirancang oleh dosen agar yang bersangkutan memiliki kemampuan  yang telah ditetapkan  (tugas, suvai, menyusun paper,  melakukan praktek,  studi banding, dsb)

16

Indikator Capaian

:

Dituliskan  indikator yang dapat menunjukan pencapaian kemampuan yang diharapkan meliputi penguasaan pengetahuan (cognitive), keterampilan (phsycomotoric) dan sikap (affective).  Aspek ranah cognitive dapat mulai dari level remembering/understanding sampai dengan creating.  Aspek ranah phsycomotoric dapat mulai dari level imitation sampai dengan naturalization.  Aspek ranah affective dapat mulai dari receiving sampai dengan characterization.

 Unsur kemampuan yang dinilai bisa kualitatif  misal ketepatan analisis, kerapian sajian, Kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa juga yang kuantitatif : banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas, kebenaran hitungan.

17

Instrumen Penilaian

:

Sebutkan instrument penilaian yang digunakan, seperti Quiz (multiple choice, T/F), rubric holistik, rubric deskriptif atau analitik.

18

Bobot Penilaian

:

Disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengerjakan tugas, atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap CPMK.

19

Pustaka/Literatur

:

Cantumkan literature yang digunakan dalam bentuk jurnal ilmiah, text books, website links dsb.

20

Pengesahan RPS

:

RPS harus disahkan oleh ketua prodi yang sebelumnya telah ditelaah oleh tim penjaminan mutu prodi.

 


Posted by Genrawan Hoendarto at 2019-11-19 01:47:31